Senin, 27 Oktober 2014

Tulisan 1 dan 2 sistem informasi psikologi

Contoh kasus
                Pada zaman yang modern ini, banyak sekali orang yang menggunakan kecanggihan teknologi. Salah satunya digunakan untuk test psikologis, dengan adanya test melalui media membuat orang lain merasa tertarik untuk mengikutinya. Kelebihan dari test melalui media elektronik dapat lebih cepat mengerjakannya namun kekurangannya tidak begitu valid dan reliabel. Hanya dengan menjawab petanyaan dan memilih jawaban dengan cara mengklik jawaban tersebut memudahkan seseorang untuk mengerjakannya, dengan menunggu beberapa menit kita dapat mengetahui hasilnya.

Analisis
                Sudah terbukti semakin canggih saat ini sehingga semua yang dilakukan dapat di buat dengan  mudah dengan adanya teknologi informasi. Sistem informasi yang menggunakan komputer dapat menarik orang lain, karena kebanyakan saat ini masyarakat sering menggunakan media elektronik baik melalui komputer. Namun adapula yang menggunakan media tersebut dengan cuma-cuma. Sebagai seorang psikolog seharusnya memberikan hasil tes kepada testee tersebut secara pribadi bukan dengan cara seperti di media yang dapat dijangkau oleh orang lain.


Contoh kasus
                Dalam kehidupan sehari-hari kita dihadapi oleh berbagai aktivitas mengingat, menilai dan membayangkan, aktivitas tersebut menggunakan kognisi yang kita miliki. contohnya saat dihadapkan pada ujian akhir, pada saat kita mengetahui akan menghadapi ujian akhir dengan sendirinya kita berusaha untuk belajar, memahami dan mengingat pelajaran tersendiri. Ketika ujian berlangsung, semua pelajaran yang dipelajari dicoba untuk diingat kembali dengan berbagai cara, memperoses data tersebut ada berbagai cara yaitu mengingat dengan jangka waktu yang lama (long term memory) adapula yang hanya mengingat dengan jangka pendek (short term memory). Semua proses tersebut sama dengan proses data dikomputer, mulai memasuki data lalu diproses oleh CPU dan menghasilkan sesuatu yang informasi.

Analisis
                kasus tersebut keduanya memiliki struktur yang sama, mulai dari pengolahan data, proses hingga hasil atau output. Input sama dengan kita membaca, memahami dan mengingat materi, kemudian diproses dengan meganalisis semua materi yang dipelajari dan output tersebut adalah hasil dari ujian tersebut apakah sudah maksimal atau belum pelajaran yang di pelajari.

0 komentar:

Posting Komentar