Rabu, 09 Oktober 2013

PSIKOLOGI MANAJEMEN



Tugas I
1 .      Apa itu manajemen?
Jawab : Manajemen adalah proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau juga sumber.
2 .      Jenis-jenis manajemen?
Jawab : - Manajemen Pemasaran : kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang                                                      pada intinya berusahan untuk mengidentifikasi apa yang sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
             -  Manajemen Produksi   : penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
             -  Manajemen Keuangan : kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara konomis yaitu diukur berdasarkan profit.
             -  Manajemen Informasi  : kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang.
3 .      Apa itu kepemimpinan?
Jawab : sebagian dari manajemen, tetapi tidak seluruhnya kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi orang lain sehingga orang tersebut dengan penuh semangat berusaha.

Tugas II
1 .      Apa itu perencanaan?
Jawab : proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.
2 .      Manfaat perencanaan?
Jawab : - membantu manajemen unyuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan.
 - membuat tujuan lebih khusus, terperinci dan lebih mudah dipahami.
 - meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti.
 - manajer dapat memahami keseluruhan gambaran operasi lebih jelas
 - standar pelaksanaan dan kepegawaian.
3 .      Jenis-jenis perencanaan dalam organisasi?
Jawab : pembagian jenis rencana dapat dilihat dari antara jenis rencana yang dibuat dan keputusan yang dibuat. Pada saat perusahaan berhubungan dengan berbagai aktifitas/masalah yang membutuhkan keputusan rutin, perusahaan dapat membuat rencana yang bisa diterapkan untuk mengatasi berbagai aktivitas atau masalah rutin tersebut. Proses pembuatan rencana akan dijelaskan sebagai berikut:
-          Menetapkan tugas dan tujuan
-          Observasi dan analisa
-          Mengadakan kemungkinan-kemungkinan, seperti kemugkinan besar biaya, lamanya penyelesaian dan efektivitas-efektifitas lainnya.

-          Menentukan sintesa 

                                                                                                                                      

Sumber : Herujito, M Yayat. 1998 . Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta : BPFE




0 komentar:

Posting Komentar