Jumat, 31 Oktober 2014

Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS)



Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem merupakan rangkaian komponen yang didalamnya saling bersangkutan dan mempunyai tujuan yang sama.
Informasi dalah data yang diolah menjadi suatu bentuk yang berguna untuk membuat keputusan, karena dengan informasi para pengelola dapat mengetahui suatu kondisi yang obyektif.
Dalam sistem informasi, komputer berperan penting dalam kegiatannya karena data dan kebutuhan informasi yang begitu kompleks, peran komputer inilah yang dikenal dengan istilah “computer based” karena digunakan untuk mengolah informasi dalam sebuah sistem maka disebut “Computer Base Information System” atau sistem informasi berbasis komputer.
Sistem informasi berbasis computer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi.
EVOLUSI CBIS
CBIS berevolusi mulai dari fokus awal pada data, kemudian fokus baru pada informasi, fokus revisi pada keputusan, fokus kini pada komunikasi dan fokus potensial pada konsultasi atau sistem pakar. Berikut adalah penjelasan evolusi CBIS lebih lanjut.
1. Fokus Awal pada data (EDP / SIA)
Aplikasi akutansi berbasis komputer ini disebut juga dengan pengolahan data elektronik (EDP). Sistem informasi akuntansi melaksanakan akuntansi perusahaan dengan aplikasi yang ditandai pengolahan data yang tinggi. 
2. Fokus Baru pada Informasi / Sistem Informasi Manajemen
Sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa (Raymond). Menurut Gordon, SIM merupakan integrasi manusia dan mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen &pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
3. Fokus Revisi pada Pendukung Keputusan
Sistem Penunjang Keputusan merupakan sistem komputer yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data & model untuk memecahkan masalah yang tidak terstuktur.
4. Fokus Kini pada Komunikasi (Otomatisasi Perkantoran) / Office Automation
Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi.
5. Fokus Potensial pada Konsultasi atau Sistem Pakar
Program komputer yang berfungsi seperti manusia yaitu memberikan konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.
Upaya pencapaian sistem informai bebasis komputer menggunakan End User Computing, yaitu pengembangan sistem berbasis komputer yang dilakukan oleh pemakai sendiri. Setiap subsistem CBIS melalui proses evolusi yang disebut siklus hidup sistem. Tahap-tahap dari siklus hidup system yaitu:
a. Perencanaan
b. Analisis
c. Rancangan
d. Penerapan
e. Pengunaan



Sumber :
Anonim. 2012. Evolusi dari Computer Based Information System . Diunduh dari http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/07-evolusi-dari-computer-based-information-system/.
Anonim . Evolusi Sistem Informasi Berbasi Komputer. Diunduh dari http://ebookbrowse.com/evolusi-sistem-informasi-berbasis-komputer-ppt-d188409624. Diakses tanggal 19 Oktober 2014.
Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo

0 komentar:

Posting Komentar