Minggu, 07 Oktober 2012

DAMPAK CHATTING BAGI PELAJAR SMA


DAMPAK CHATTING DALAM KEPRIBADIAN
           
            Banyak dampak chatting bagi pelajar SMA salah satunya yaitu dalam kepribadian. Awal mulanya terjadi perubahan sikap pada dirinya terhadap teman dan keluarganya sehingga mempengaruhi pergaulannya. Seseorang yang ketagihan chatting akan berprilaku lain dibandingkan dengan pelajar yang normal atau tidak menyukai chatting. Kebanyakan pelajar yang ketagihan chatting itu dikarenakan pelepasan depresi, sepi, dan rasa kesendirian yang amat sangat, rasa kesepian yang dirasakan bukan karena tidak punya sahabat tapi mungkin karena dalam diri yang merasa sendiri. Permasalahan akan rumit jika alasannya adalah karena individu tersebut tidak puas atau tidak suka terhadap dirinya sendiri, lantas menciptakan dan menampilkan kepribadian yang lain sekali dari dirinya yang asli. Seringkali ia lebih suka pada kepribadian hasil rekayasa yang baru karena tampak ideal baginya. Padahal, menurut para Psikolog, hal ini tidak benar dan tidak sehat. Dari rasa kesepian dan keinginan untuk mencoba-coba hal yang baru di dunia maya dan mereka yang mencoba-coba akan merasa ketagihan setelah berkali-kali chatting. Ketagihan tersebut terjadi karena mereka dapat mengekplorasi daya imajinasi secara utuh atau dalam artian mendapatkan apa yg tidak bisa didapatkan di kenyataan. Reid Steere, seorang Sosiolog dari Los Angeles mengatakan, jika seseorang berchatting sebagai media eksplorasi diri dengan kesadaran penuh, ia akan mengalami pertumbuhan sebagai hasil dari refleksi dirinya secara utuh melalui chatting. Selain itu akan menimbulkan sikap seperti menghabiskan waktu untuk berchatting  dengan menampilkan karakter yang sangat kontradiktif dengan karakter aslinya. Akibatnya, lama kelamaan ia semakin jauh dengan kenyataaan sosial yang ada, bahkan tidak bisa menerima diri apa adanya, dan lebih menghargai teman chattingnya daripada teman dan keluarga didunia nyata.

PENANGGULANGAN DAMPAK

·        Sebaiknya orang tua lebih sering memperhatikan anaknya agar tidak merasa kesepian
·        Perhatikan apa yang dilakukan anak tersebut
·        Sebaiknya teman-temannya lebih agresif untuk mengajak anak tersebut bergaul agar tidak merasa dibeda-bedakan dengan teman yang lain
·        Usahakan untuk mencari lawan chatting yang seusianya
      
      SUDUT PANDANG

                     Chatting dapat membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan jarak jauh, chatting juga dapat membantu menyelesaikan tugas didunia perkantoran, namun jika pemakaiannya dengan cara berlebihan akan membawa dampak yang negatif bagi kesehatan, kepibadian dan lain-lain. Oleh karna itu  sebaiknya manfaatkan chatting dengan benar, sehingga tidak membawa dampak yang negatif pada diri kita maupun orang lain. Selain itu faktor lingkungan dan keluarga juga mempengaruhi seseorang lebih memilih teman chatting dibandingkan dengan teman didunia nyata, karna merasa kurang pede dan merasa kesepian didunia nyata.

      
      
      Sumber

https://amadnoy.wordpress.com/2010/01/11/mig33-news-adakah-pengaruh-buruk-mig33-terhadap-kepribadian/

http://id.wikipedia.org/wiki/kepribadian


s

0 komentar:

Posting Komentar