Suatu perusahaan mempunyai aturan tersendiri untuk semua karyawan,
pada suatu hari salah satu karyawan melanggar aturan perusahaan tersebut dan
pihak atasannya mengetahui. Kemudian pihak atasan berbicara dengan baik kedapa
karyawan tersebut bahwa dia sudah melanggar aturan dan harus mendapatkan hukuman
dan karyawan tersebut menyetujuinya karena dia sadar bahwa dirinya salah.
Kemudian setelah itu karyawan tersebut lebih cenderung untuk diam, meskipun
mengalami pertentangan dengan pihak atasan. Pada suatu organisasi yang
terpenting adalah agar setiap konflik hendaknya bisa diselesaikan dengan baik.
Biasanya suatu konflik menjadi makin berat karena lama terpendam. Faktor dari
konflik tersebut adalah perbedaan dalam satu tujuan. Bagi karyawan tersebut dia
melakukan perbuatan tersebut sesuai dengan keinginan dirinya dan tujuan
tertentu. Namun jika kita berada pada lingkungan yang menganut aturan tertentu
sebaiknya kita menjalani aturan tersebut selama aturan tersebut baik dan tidak
merugikan orang lain.
Beradaptasi dengan lingkungan tempat bekerja juga sangat penting,
agar kita semakin tau bagaimana karyawan
lain menjalankan pekerjaannya dengan nyaman agar mendapatkan hasil yang baik.
Selain itu dalam berorganisasi juga perlu penyesuaian agar dapat diterima oleh
anggotanya. Saling peduli sesame anggota agar tidak terjadi perselisihan antar
anggota.
sumber : Sedyana. 1998. Manajemen dan Organisasi Produksi. Jakarta : Erlangga
0 komentar:
Posting Komentar