Pada dua perusahaan bagian pemasaran yang saling bersaing dalam satu organisasi,
kedua bagian tersebut saling berlomba-lomba mencapai atau memenuhi kuota
penjualan yang paling banyak. Konflik disini lebih banyak disebabkan oleh sifat
dasar manusia yang lebih cenderung tidak pernah merasa puas akan apa yang dia
telah raih. Sifat-sifat dasar yang dipacu dengan adanya persaingan maka akan
menjadi lebih memanas. Selain itu ketidakpuasaan tersebut akan menimbulkan
koflik pada organisasi. Bisa saja diantara anggota tersebut ada yang bermain
curang tanpa sepengetahuan anggota lain.
Konflik
tersebut termasuk dalam konflik antar individu dan kelompok. Konflik ini berhubungan dengan cara individu menanggapi tekanan
untuk keseragaman yang dipaksakan oleh kelompok kerja mereka. Misalnya salah
satu anggotanya tidak mengikuti aturan dalam organisasi tersebut maka orang
tersebut akan mendapatkan hukuman dari anggota yang lain.
Pengertian Konflik
Konflik dapat
diartikan sebagai ketidak setujuan antara dua atau lebih anggota organisasi
atau kelompok-kelompok dalam organisasi yang timbul karena menjalankan kegiatan
bersama-sama dan atau karena mereka mempunyai status, tujuan, nilai-nilai dan
persepsi yang berbeda.
Dalam berorganisasi antar individu banyak sekali konflik yang terjadi
karena karakteristik individu yang berbeda-beda presepsi. Dalam hal
berorganisasi kita memerlukan sikap yang tegas dalam menentukan alur organisasi
dan mempunyai sikap kepemimpinan.
Sumber : Sedyana. 1998. Manajemen dan Organisasi Produksi. Jakarta : Erlangga
0 komentar:
Posting Komentar