Kamis, 31 Oktober 2013

Tugas Tulisan Manajemen



Pada dua perusahaan bagian pemasaran yang saling bersaing dalam satu organisasi, kedua bagian tersebut saling berlomba-lomba mencapai atau memenuhi kuota penjualan yang paling banyak. Konflik disini lebih banyak disebabkan oleh sifat dasar manusia yang lebih cenderung tidak pernah merasa puas akan apa yang dia telah raih. Sifat-sifat dasar yang dipacu dengan adanya persaingan maka akan menjadi lebih memanas. Selain itu ketidakpuasaan tersebut akan menimbulkan koflik pada organisasi. Bisa saja diantara anggota tersebut ada yang bermain curang tanpa sepengetahuan anggota lain.
            Konflik tersebut termasuk dalam konflik antar individu dan kelompok. Konflik ini berhubungan dengan cara individu menanggapi tekanan untuk keseragaman yang dipaksakan oleh kelompok kerja mereka. Misalnya salah satu anggotanya tidak mengikuti aturan dalam organisasi tersebut maka orang tersebut akan mendapatkan hukuman dari anggota yang lain.

    
Pengertian Konflik
            Konflik dapat diartikan sebagai ketidak setujuan antara dua atau lebih anggota organisasi atau kelompok-kelompok dalam organisasi yang timbul karena menjalankan kegiatan bersama-sama dan atau karena mereka mempunyai status, tujuan, nilai-nilai dan persepsi yang berbeda.

Dalam berorganisasi antar individu banyak sekali konflik yang terjadi karena karakteristik individu yang berbeda-beda presepsi. Dalam hal berorganisasi kita memerlukan sikap yang tegas dalam menentukan alur organisasi dan mempunyai sikap kepemimpinan.



Sumber :     Sedyana. 1998. Manajemen dan Organisasi Produksi. Jakarta : Erlangga

0 komentar:

Posting Komentar